Barang-Barang yang Dilarang Dibawa Ke Pesawat Saat Travelling

Diposting pada

Ketika melakukan perjalanan travel, ada banyak sekali barang penting yang harus kamu bawa. Namun jika kamu akan melakukan perjalanan travellign tersebut dengan menggunakan pesawat, kamu harus tahu bahwa ada barang-barang tertentu yang dilarang di bawa ke pesawat saat travelling.

Buat kamu yang sudah terbiasa naik pesawat, hal ini tentu sudah tidak asing lagi buat kamu. Namun bagi traveller pemula, mereka belum tentu tahu hal-hal tersebut. Nah berikut ini adalah beberapa jenis barang yang dilarang di bawa ke pesawat saat kamu hendak travelling.

A. Benda tajam seperti pisau dan kawan-kawannya

Benda pertama yang harus kamu elemininasi dari ransel kau sekarang juga adalah benda-benda tajam seperti pisau dan lain sebagainya. Semua bandara tidak mengizin benda tajam untuk masuk ke dalam kabin pesawat mereka.

Tentu tanpa alasan, benda tajam seperti ini di anggap akan membahayakan seluruh penumpang pesawat apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Maka dai itu, agar tidak membahayakan semua yang ada dalam kabin, pihak bandara melarang hal tersebut demi keselamatan bersama.

B. Senjata api

Mengenai senjata api, tidak semua orang dilarang membawa senjata ini. Orang-orang tertentu diperbolehkan membawa senjata api dengan catatan memiliki surat dan perizinan yang jelas dan kuat. Sedangkan warga sipil tidak diperbolehkan sama sekali membawa senjata api sama sekali.

Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi. Selain itu, senjata api juga bisa menimbulkan kecemasan bagi orang lain yang ada dalam pesawat. Dengan demikian, agar para penumpang lain merasa aman dan nyaman maka dilarang membawa senjata api ke dalam pesawat terbang.

C. Benda tumpul yang membahayakan

Bukan hanya benda tajam saja, ada beberapa jenis benda tumpul yang juga sama dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Hal ini juga di khawatirkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dalam kabin pesawat.

Beberapa senjata yang di anggap bisa membuat orang lain cedera atau terluka di larang untuk di bawa masuk ke dalam kabin. Beberapa jenis senjata tumpul yang dilarang untuk di bawa ke dalam kabin pesawat diantaranya adalah seperti tongkat baseball, tongkat billyar dan lain sebagainya.

D. Bahan-bahan peledak

Bahan-bahan peledak termasuk salah satu jenis barang yang  dilarang oleh semua pihak perusahaan penerbangan manapun untuk di bawa ke dalam pesawat. Bahan peledak merupakan bahan yang sangat berbahaya. Barang semacam ini sangat mudah dan rentan sekali terjadi peledakan.

Untuk mencegah kemungkinan terburuknya, semua bandara melarang siapa saja untuk membawa bahan-bahan peledak ke dalam kabin pesawat dengan alasan apapun. Baik resmi ataupun tidak, baik dalam jumlah banyak ataupun sedikit.

E. Benda-benda yang mengandung gas

Benda-benda yang mengandung gas dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat dalam bentuk apapun itu. Benda-benda ini pada tekanan udara tertentu dapat mudah meledak. Hal ini tentu sangat berbahaya sekali apabila sampai terjadi dalam kabin pesawat. Bukan hanya akan membahayakan dirinya melainkan juga orang lain.

Maka dari itu, semua perusahaan penerbangan melarang keras setiap penumpang pesawat untuk membawa benda apapun yang mengandung gas di dalamnya. Dengan demikian maka keamanan seluruh penumpang yang ada di dalamnya akan lebih terjamin.

F. Zat cair lebih dari 100ml

Para penumpang  pesawat juga dilarang untuk membawa peralatan atau perlengkapan apapun yang mengandung zat cair. Terkecuali beberapa barang tertentu yang memang memiliki legalitas resmi seperti obat-obatan yang memiliki keterangan dan resep dokter, makanan ataupun minuman bayi.

Hal ini berlaku untuk semua jenis barang-barang yang mengandung cairan seperti shampo, air minum dan lain sebagainya yang mengandung cairan. Jika lebih dari 100 ml maka kamu kurangi terlebih dahulu, pilih mana yang paling penting.

G. Material korosi

Barang yang juga memiliki zat korosi dilarang keras untuk tidak di bawa ke dalam kabin pesawat. Saat kamu akan pergi travelling, hal tersebut jangankan bawa ke dalam kabin pesawat karena sudah pasti akan di keluarkan dari barang-barang bawaan kamu.

Beberapa contoh barang yang mengandung material korosi tersebut diantaranya adalah seperti cairan yang terdapat dalam termoter. Beberapa contoh lain cairan yang dilarang yang bersifat korosi adalah asam sulfat, alkali, dan aki kendaraan.

H. Bahan kimia beracun

Semua bandara akan melarang siapapun untuk membawa bahan-bahan kimia ke dalam kabin pesawat. Hal ini diperuntukkan sebagai salah satu pencegahan tindak kejahatan yang sering terjadi di dalam pesawat.

Ada banyak sekali contoh dari bahan kimia yang dilarang untuk di bawa ke dalam pesawat seperti alkali, sianida, pembasmi hama, asam dan berbagai zat kimia beracun lainnya yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain ketika terjadi hal yang tidak di inginkan.

I. Produk yang berasal dari hewan

Berbagai produk hewan juga jangan sampai kamu bawa ke dalam kabin pesawat. Semua bandara melarang hal ini untuk di bawa para penumpangnya. Biarpun kamu butuh lebih baik kamu cari di tempat tujuan travelling saja.

Makanan yang berasal dari hewan mengandung patogen yang dapat menginfeksi para penumpang dalam kabin. Dengan alasan kesehatan maka pihak bandara melarang keras semua para penumpang untuk membawa produk yang berasal dari hewan.

Nah itulah barang-barang yang dilarang di bawa ke pesawat saat travelling. Sebelum kamu pergi, lebih baik cek terlebih dahulu barang-barang yang akan kamu bawa.

2 thoughts on “Barang-Barang yang Dilarang Dibawa Ke Pesawat Saat Travelling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *