Daftar Kesalahan Traveller Pemula yang Harus Dihindari

Diposting pada

Memiliki pengetahuan yang rendah dan malasnya bertanya pada orang lain, membuat para traveller pemula kerap kali melakukan kesalahan. Bahkan tidak sedikit kesalahannya tersebut berujung pada hal yang sangat berbahaya bahkan bisa ancam keselamatan jiwanya. Tidak sedikit kasus orang yang celaka saat melakukan travelling.

Sebagai pemula, kamu harus tahu apa saja kesalahan tersebut agar kamu bisa menghindari dan mengatasinya sejak dini. Sudah tahu apa saja kesalahan pemula dalam melakukan travelling? Berikut ini adalah daftar kesalahannya:

1. Tidak melakukan persiapan dengan baik

Persiapan adalah hal utama yang sangat penting sekali. Seharusnya hal ini diperhatikan dengan baik dari jauh-jauh hari. Sedangkan banyak para pemula yang menganggap hal ini sebagai hal yang sangat sepele bahkan banyak yang menganggapnya tidak penting sama sekali.

Padahal persiapan ini merupakan hal penting bahkan hal utama yang harus dilakukan beberapa saat sebelum melakukan perjalanan. Minimal 1 Minggu sebelum jadwal pemberangkatan kita sudah melakukan persiapan. Ha ini bertujuan untuk mempersiapkan barang yang penting agar tidak ketinggalan.

2. Tidak mengetahui lokasi travelling dengan baik

Kesalahan kedua yang kerap kali di lakukan oleh traveller pemula adalah tidak mengetahui lokasi travelling dengan baik. Emang sih tujuan kita travelling agar kita tahu lokasi tersebut dengan baik. namun kesalahan pemula adalah tidak melakukan riset terhadap lokasi tersebut.

Minimalnya kita tahu garis besar kondisi dan situasi serta hal apapun yang ada di kota tersebut. Sehingga kita bisa menyimpulkan, kegiatan apa saja yang akan kita lakukan saat kita berada di tempat tersebut. Kemana kita harus pergi dan hari apa saja yang paling enak untuk jalan di tempat tersebut.

3. Salah memilih kostum

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh pemula, salah kostum. Apalagi saat mereka akan naik gunung. Banyak diantara para traveller yang justru malah mengenakan kolot saat travel ke gunung. Hal ini memang tidak masalah jika sudah tahu risikonya, namun keadaan seperti ini akan menyulitkannya nanti saat berada di medan yang tidak tepat.

Lebih baik gunakan kostum yang tepat, utamakan keselamatan terlebih dahulu sebelum bergaya. Karena percuma tampilan gaya namun tidak aman, karena nyawa tidak bisa dibayar dengan hal sele semacam itu.

4. Memesan tiket ketika akan berangkat

Sebenarnya memesan tiket bisa dilakukan dari jauh-jauh hari. Namun banyak para pemula yang tidak melakukannya. Mereka justru malah membeli tiket pada saat mereka akan berangkat ke tempat tujuan travel.

Ini merupakan salah satu kesalahan, risikonya jika tiket habis maka kegiatan travelling akan di batalkan. Selain itu, risiko lainnya adalah harga tiket akan jauh lebih mahal saat kamu membelinya di detik-detik terakhir.

5. Terlalu banyak membawa hal-hal yang tidak perlu

Perbekalan memang harus dipersiapkan dengan baik. Namun banyak kesalahan yang dilakukan pemula justru terlalu banyak membawa hal-hal yang tidak dibutuhkan. Sedangkan hal yang penting justru malah di abaikan.

Ini adalah hal yang paling sering sekali dilakukan oleh para pemula saat mereka melakukan kegiatan travelling. Hal ini mungkin karena kurang atau rendahnya  pengetahuan tentang kebutuhan travelling yang dimiliki oleh para pemula. Sehingga mereka cenderung membawa hal-hal yang menurut mereka perlu untuk di bawa.

6. Tidak melakukan riset lokasi

Kesalahan selanjutnya yang sering kali di lakukan oleh pemula adalah tidak melakukan riet lokasi dengan baik. Padahal hal ini sangat penting sekali untuk dilakukan ketika mereka akan pergi travelling. Apalagi jika melakukan perjalanan travel ke gunung atau lokasi pedalaman.

Melakukan riset lokasi ini sangat penting, tujuannya untuk menghindari agar tidak tersesat dan mengetahui jalur-jalur alternatif serta beberapa lokasi yang penting untuk di kunjungi. Selain itu, kamu juga bisa tahu kondisi lokasi yang akan kamu kunjungi.

7. Tidak menghargai adat istiadat warga lokal

Kesalahan ini sering kali menjadi malapetaka bagi para traveller pemula. Jika kamu pernah membaca atau mendengarkan cerita “desa penari” salah satu kesalahan yang membuat mereka celaka di tempat orang lain adalah karena mereka tidak menghargai ke arifan lokal atau tempat dimana mereka tinggal.

Setiap daerah memiliki adat istiadat dan kebiasaan masing-masing, sebagai pendatang kita harus menghargainya. Terlepas dari berbeda dengan keyakinan kita atau tidak, namun lebih baik kita hargai apa yang orang lain yakini. Karena akan fatal jadinya apabila kita sampai tidak menghargai mereka.

8. Menghabiskan uang di hari pertama

Ini juga menjadi deretan kesalahan para pemula berikutnya. Banyak diantara para pemula yang justru menghabiskan perbekalan mereka pada hari pertama tanpa mempertimbangkan kemungkinan terburuk dari perjalanan mereka. Harusnya, hari pertama adalah hari dimana anda harus mempertimbangkan semuanya.

Harusnya anda atur keuangan anda dengan baik. Berapa nilai uang maksimal yang harus anda keluarkan setiap harinya. Jangan sampai anda mengeluarkan uang tanpa perhitungan yang baik. bisa-bisa anda kehabisan uang sebelum acara travelling selesai.

9. Kurang bersosial dengan warga lokal

Bersosial dengan warga lokal memiliki kesenangan tersendiri. Namun karena alasan malu dan tidak mau tahu banyak para pemula yang enggan melakukannya. Padahal orang-orang lokal akan sangat senang jika ada orang baru yang akrab dan bertegur sapa dengan mereka.

Kamu juga jangan malu-malu ketika berada di tempat orang lain. Tidak ada salahnya untuk saling bertegur sapa. Jika tidak ingin melakukan hal tersebut maka cukup bertukar senyum saja, itupun sudah lebih dari cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *